PENABUR CIREBON SCIENCE CENTER
Latar Belakang
Untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal dapat di lakukan dengan beberapa cara yaitu : Peningkatan kompetensi Guru , Penetapan Kurikulum pembelajaran yang tepat, Kualitas proses pembelajaran yang efektif , motivasi dan sikap belajar siswa ,metode belajar, teknik belajar dan juga menyiapkaan sarana belajar yang mendukungnya, sehingga materi pembelajaran dapat disajikan dengan menarik , berbobot dan menyenangkan sehingga peserta pada akhirnya peserta didik dapat memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh pengajarnya dan dapat mengoptimalkan pemahamannya melalui kegiatan praktikum dan ekplorasi melalui google.
Pemilihan metode dan teknik belajar disiapkan oleh guru pengajar dengan memperhatikan kedalaman materi , keluasan materi , tipikal audien ( peserta ) didik merupakan upaya personal yang dilakukan oleh guru dengen memperhatikan kaidah kaidah pendidikan yang ada.
Sedangkan daya dukung sarana pembelajaran mempunyai kontribusi yang besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah .
Untuk peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran khususnya IPA ( Sains) selain peningkatan kompetensi guru pemilihan metode pembelajaran, teknik pembelajaran juga perlu didukung sarana praktikum / laboratorium yang memadai .
Pengembangan sarana pembelajaran khususnya laboratorium akan memberikan dampak yang positif dan signifikan terhadap pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPA / sains , selain itu pembelajaran dengan menggunakan metode praktikum akan memberikan pengelaman belajar bagi anak yang menyenangkan dan meningkatkan ketrampilan bagi siswa dalam :
- Penggunaan alat – alat laboratorium .
- Penyusunan laporan pengamatan / praktikum .
- Membiasakan siswa berfikir dengan metode ilmiah.
- Menyusun dan melaksanaan eksperimen.
- Menguji kerja sama dalam team.
- Meningkatkan ketelitian, ketepatan ,dan kejujuran dalam melakukan eksperimen.
Mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh dengan metode pembelajaran menggunakan ekperimen/ pengamatan , dan seiring dengan tuntutan kurikulum 2013 yang di canangkan pemerintah yaitu yang menilai siswa tidak hanya dari sisi akademis /pengetahuan saja melainkan juga dari sisi ketrampialn siswa , maka perlu dikembangkan sarana pembelajaran menggunakan laboratorium IPA/ SAINS di SMPK/SMAK PENABUR Cirebon.